Posted by: 3sksoviayandri | February 2, 2009

seminar lingkungan

28.01.2009

Today, nganter anak ( ?.. ) : maksudnya anak murid gto ( iam a teacher of social studies at junior high school, somewhere at bogor city ) – ngedampingin anak pas acara seminar ”RMI”, The Indonesian Institute for forest and Environment, berkaitan dengan kelestarian Lingkungan Hidup, yang punya judul Seminar anak Sebagai Aksi generasi Muda untuk Konservasi keanekaragaman Hayati dan DAS 2009. Interesting juga ( setidaknya ntu menurut saya ), but sekaligus miris juga, mengetahui keadaan lingkungan ( terutama di daerah aliran sungai Cisadane ) di kota Bogor … Yang menariknya ada beberapa kelompok anak (perwakilan dari 3 sekolah) yang mempresentasikan hasil pengamatan mereka mengenai kondisi lingkungan di sekitar wilayah hulu, tengah dan hilir Cisadane melalui metode Biomonitoring (metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas air dengan menggunakan indikator biologi berupa tumbuhan maupun hewan ) …Tentunya melalui pembinaan dari para tentoring tow fasilitatator dari RMI. Apa ntu RMI ?? … Kayanya buat tahu informasi lebih lanjut mengenai RMI ni, bisa liat langsung kali ya di Websitenya RMI … Yakni di htttp://www.rmibogor.com, soalnya saya sendiri tidak memiliki kapasitas yang tepat untuk menjelaskan mengenai lembaga ni .

Yang pengen di omongin disini about pembinaan yang dah dilakukan RMI dari tahun 2004 ampe skarang. Patut di acungi jempol deh … Betapa usaha yang dilakukan oleh lembaga ni, bener2 punya cara yang menyentuh lapangan langsung dengan memprakaryakan anak-anak SMP sehingga anak-anak dapat langsung berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan . Kegiatan tersebut merupakan salah satu usaha RMI dalam melakukan Pendidikan Konservasi untuk Generasi Muda Melalui Pemantauan Keanekaragaman Hayati di DAS Cisadane kota Bogor. dan ini juga setidaknya dapat membantu tugas guru PLH x ya, dalam menerapkan konsep pendidikan yang berbasis pada kelestarian lingkungan hidup : )

Terlibatnya para siswa dalam kegiatan ini, tentunya tidak lepas dari peranan para pembina RMI, yang giat melaksanakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. Berbagai respon positif pun setidaknya memenuhi aura ruangan seminar dengan diajukannnya beberapa pertanyaan terhadap para pengisi materi ( ada 3 pengisi acara ketika itu, dari LIPI, PDAM, BaPeDas dan perwakilan dari pemerintah daerah kota Bogor ).

Yang ingin digarisbawahi dalam kegiatan x itu, adalah betapa sedikit melegakannya, setidaknya masih ada segelintir dari penghuni bumi ini yang mau, dan ikut serta dalam kepedulian terhadap lingkungan. Di tengah-tengah semrawutnya ( kalo boleh saya menggunakan kata tsb) penataan lingkungan di sekitar kita … setidaknya, saya merasa masih bisa melihat setititk harapan untuk bumi kita ini …. agak mendramatisir gak seh ???? … gak juga lah, coba deh, kalo kita mau sedikit saja membuka mata terhadap keadaan lingkungan yang ada di sekeliling kita, …………. dalam Skala Bogor : Keadaan pinggiran sungai yang dipenuhi sampah, lautan air memenuhi jalan ketika hujan deras tiba, sampah menumpuk di jalanan atow dalam skala Indonesia : keadaan hutan kalimantan yang semakin tergerus oleh pemukiman, kebakaran hutan, atow coba liat juga dalam skala dunia : Pemanasan global atau bahasa gaulnya mah Green House Efek dan berbagai permasalahan lingkungan lainnya. Tidakkah kalian merasa dalam kondisi lingkungan yang memprihatinkan ???? ( yaaa… kalo yang gak merasa mah … gak peka x y )

Mulai dari diri sendiri ( he…he … suka jadi aga2 inget ceramah A’agim klo dah orang berkata mulai “dari diri sendiri” gto ), mulai dari hal yang kecil dan mulai dari sekarang dalam melakukan kegiatan pelestarian lingkungan yang bisa dilakukan oleh diri kita …. begitulah pesan yang disampaikan dalam seminar tsb.

Semoga apa yang tadi telah disampaikan dalam kegiatan tsb, dapat membekas pada peserta remaja SMP yang menghadiri, sehingga pada akhirnya nanti mereka mampu menjadi duta-duta lingkungan hidup yang dapat menyebarkan pesan Cinta Lingkungan terhadap sesamanya …. Bagaimana dengan para pendamping gurunya …. ???? ( Including me atuh ) …. he2 sami mawon dung… semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaaat nantinya bagi siswa, ataupun bagi diri dan lingkungan sekitar ( Including me juga atuh y …. otreh ) .

Go Green pokonamah …
Love earth …
And become people who try and always save the earth
Only one earth… you know .. ????

           Poem

Bumi kita hanya Satu

– Engkau telah merubah bumiku dalam keindahan yang merusak –
– Tidakkah kau pikirkan bagaimana ke depannya ! –
– Engkau keruk kekayaan alam, yang telah memberikan ruang
untuk kau tempati –
– Habis –
– Pernahkah terlintas dalam pikiran –
– Engkau –
– Hilang –
– Apakah yang tersisa –
– dimasa yang akan datang –
– Cobalah mengerti –
– Bumi kita hanya satu –

15 Mei 2004, Cimanglid


Responses

  1. k’ . .aku mau buat acara wat seminar lingkungan hidup ..
    aku boleh minta idenya gag wat judul dari acara aku , ?

  2. mhhm … qo jadi kaya konsultan ya !!! he … – – tergantung toh …kdu liat konsep seminarnya ntu apa .. pesertanya siapa aja .. dll . he2. ribet amat ya mo cari judul ja … oke deh, ke-ide-an ne buat 1 judul tentang lingkungan hidup ya : Menjadi pribadi yang cinta lingkungan towww … Become a lover of environmental ( versi bahasa inggrisnya gto )


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: