Posted by: 3sksoviayandri | February 14, 2009

Agatha Christie… and LOVE at Febuary

Salah satu pengarang favorit saya – terutama yang bercerita tentang Hercule Poirot -… en kmaren abis baca cerita lama Agatha ( pinjem dari perpus, ho2, gratis lagi bo en setelah melalui perjuangan mengaduk-aduk serial Agatha yang ada di perpus sekolah, ternyata ada juga yang belum terbaca ) …. inti cerita nya adalah mengenai pemujaan -cinta yang berlebihan- terhadap seseorang yang ternyata dampaknya bisa mematikan ( yaa… walopun, ceritanya bukan diambil dari cerita nyata, tapi senengnya dari buku Agatha tuh, kita bisa belajar untuk mengenal berbagai watak dan karakter orang dari sudut kriminal dan ternyata, semua orang berpotensi untuk melakukan kejahatan yaa … oalah, nampak syerem juga seh bo ).

Bicara tentang cinta yang berlebihan … jadi inget bulan Febuari neh, bulannya cinta, ceunah mah … but sori aja, saya bukan salah satu penganut Valentine day ya … absoluty not … tidak ada dalam kamus qu, yang namanya Valentine day ( agak mengkhawatirkan juga kalo liat sejarah dari VAlentine daya itu sendiri ) , ada juga Mon day , Tues day , wednes day en so on day … , cuma ingin bahas dikit ( soale, pasti yang dah bahas yang namanya Cinta ne, pasti dah sebejibun banyaknya ) … bukan tentang Valentine but about LOVEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE

LOVE, itu dalam bahasa inggris mah. Tapi, bagaimana kita mendefinisikan cinta . Begitu banyak arti cinta, ataupun maknanya. Bahkan, kadang, cinta itu adalah sesuatu yang kadang tak bisa kita mengerti maknanya.

Ketika merasa cinta … hati ini benar-benar gelisah, ruang untuk berfikir pun menjadi semakin menyempit, tertuju hanya pada satu yang di cinta. Kadang bisa menjadi penyemangat jiwa namun terkadang pula dapat menjadi bumerang dalam jiwa .

Cinta, kata-kata yang begitu sangat membumi… Semua orang pasti sudah pernah mengalaminya. Tiap generasi memiliki cerita cintanya. Entah itu cerita cinta yang sedih ataupun bahagia.

Cinta, memang kata yang sederhana. Namun, dampaknya benar-benar luar biasa. He2, aga mendramasitir gak seh …, tapi benerkan ?, kata cinta sering membius kita dengan kekuatannya ( Ciee… ) bahkan membuat banyak orang lupa diri. Firaun pun tunduk terhadap kekuatan cinta Cleopatra …. Majnun pun menjadi gila akibat cintanya terhadap laila….. Tajmahal dibangun untuk membuktikan cinta sang raja terhadap istrinya dan kisah cinta lainnya, baik yang ujungnya happy ending dan yang not happy ending ( Ya, kaya cerita Agatha tadi -, yang mengisahkan mengenai seorang suami yang saking cintanya terhadap sang istri, menyebabkan dia mampu untuk membunuh istrinya sendiri, agar si istri gak jatuh ke tangan orang lain ). Cinta bahkan akan memberikan kita sebuah kekuatan yang tanpa kita sadari.

Berbicara mengenai cinta, guys …., takkan ada habisnya. Karena begitu banyak kata cinta yang tertulis di udara …. But, Cinta bukanlah hanya milik sepasang kekasih atau sepasang insan lain jenis saja kan . Tapi juga untuk orang tua, kakak, adik, saudara, anak, keponakan, kakek, nenek, sepupu dll ( keluarga besar pokonamah ), teman, sahabat, guru, tetangga, rekan kerja, tukang sayur, pohon depan rumah, burung , semut, kelinci dan untuk semuanya ( nah lo, yang terakhir2 di sebutin qo aga aneh ya ??? )

Jadi singkatnya, ada banyak cinta yang bisa kita manfaatkan untuk orang-orang disekitar kita, tidak hanya manusia toh, tapi juga makhluk hidup yang lain … dalam bahasa gaulna mah flora dan fauna juga, bahkan lingkungan kita yang sifatnya abiotik pun bisa menjadi sasaran cinta kita.. he2, maksudnya untuk tumbuhan, hewan, dan lingkungan pun ada banyak cinta yang dapat kita berikan.

Semua membutuhkan cinta ( including me atuh ya … ohok…ohok… ), tidak hanya pasangan kita, atau keluarga dan kerabat kita, tapi, makhluk hidup yang lainnya pun membutuhkan cinta. Bayangkan ketika tidak ada cinta untuk lingkungan hutan yang ada di bumi kita … opo toh yang terjadi ??? , ntar hutannya marah loo, gara-gara gak di cintai … he2.. ,Maksudnya, ketika kita tidak merasa cinta terhadap lingkungan maka kita akan bersikap cuek dan tidak perduli pula terhadap lingkungan, sehingga, yang terjadi adalah … apa, saudara-saudara ???? … Yupz ….KERUSAKAN lingkungan pada bumi kita . Tapi, ketika kita cinta terhadap lingkungan, maka apa yang terjadi ?? … Kita akan lebih perduli pada lingkungan kita, sehingga tidak bertindak sembarangan ataupun melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menyebabkan lingkungan kita menjadi rusak dan tak nyaman .

Oalah, qo nyambungnya jadi ke lingkungan yaa ??? ( he2, soalnya suka greget pisan, kalo denger berita-berita seputar kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia … meuni sebel pokonamah … gak sadar apa, kalo mereka tuh hidup di bumi yang merupakan satu-satunya tempat yang dapat didiami kita -manusia- gak ada tempat lain toh… kebayang gak, kalo bumi dah rusak … mo kemana coba ? Mars … ?? kpanasan kali … au ah ) so, please … Give our earth, Love guys … Big LOVE … en then we can be able to bring GREEN to our environment .. GO GREEN …

Kembali ke masalah Cinta … jadi inget juga peristiwa Palestina – Israel kmaren2, di jalur Gaza … kalo ada cinta antara kita semua, yang namanya perang ( yang dampaknya, pasti kita tau, tak akan menyenangkan, untuk keduabelah pihak ) ..tidak akan tercipta … konflik yang terjadi, bisa diselesaikan dengan nama cinta … ( walopun aga ragu juga, ntu israel, bener2 ngerti gak seh yang namanya cinta ??? … mereka mungkin cinta ma rasnya sendiri, tapi untuk yang lain ???? ) … memang gampang berbicara disini, tapi, memang konflik Palestina begitu sangat ruwetnya kali ya …, hingga sampai sekarang belum terselesaikan juga … Hope that everything will be a good solusion then … ( Only Allah SWT now ) …

Cinta dan cinta … Yuuuk, kita sebarkan cinta pada semua orang, Mari tebarkan cinta, agar hubungan kita dengan sesama menjadi lebih baik, agar lingkungan kita menjadi tempat yang nyaman untuk di tinggali, agar tidak terjadi konflik berkepanjangan, agar hidup menjadi lebih indah dan bermakna. Mari maknai cinta, agar bisa menjadikan hidup kita menjadi lebih baik, dan bahkan memberikan hidup orang lain pun menjadi lebih baik pula.

Dan pula, ( mengingat cerita Agatha kembali -mengenai Cinta yang berlebihan- ) .. , Seimbanglah dalam ber CINTA dan men CINTA …, karena Islam pun mengajarkan sesuatu itu tidak boleh timbang sebelah tow sgala sesuatu tuh kudu seimbang, tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Tidak berlebihan dalam cinta ataupun tidak kekurangan dalam cinta . Be Balance …

Dan yang paling penting en kudu plus gak boleh kita lupakan selalu adalah CINTA kita pada sang pencipta . Pada Ilahi yang telah meniupkan ruh pada raga . Pada Tuhan yang telah memberikan rahmat dan kasih sayangnya pada kita . Pada ALLAH SWT .
LO VE You God


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: